Rabu, 18 Agustus 2010

WAYAN TUNJUNG WAKILI BALI DALAM LOMBA PUSTAKAWAN TELADAN TINGKAT NASIONAL



Drs. I Wayan Tunjung, Pustakawan pada Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali dinobatkan menjadi Pustakawan Teladan Provinsi Bali Tahun 2010. Pada lomba yang diikuti peserta dari seluruh pengelola perpustakaan / pustakawan se Kabupaten / Kota se Bali tersebut, Tunjung mengungguli pesaing-pesaingnya. Lomba bertajuk Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Bali Tahun 2010 tersebut dilangsungkan di Hotel Nirmala Denpasar minggu kemarin.

Pembukaan pelaksanaan lomba dilakukan oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali diwakili Kepala Bidang Pembinaan, Dra. Ida Ayu Suryaningsih Manuaba, M.Si. Dalam sambutannya, Suryaningsih mengungkapkan, pelaksanaan lomba dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme para pustakawan di Bali. Melalui lomba ini para pustakawan diharapkan akan berkompetisi secara positif untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknisnya dan apada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas layanan perpustakaannya.

Menurut Suryaningsih, Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan mengamanatkan bahwa Pemerintah berkewajiban menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan Perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat, membina dan mengembangkan kompetensi profesionalitas pustakawan, dan tenaga teknis perpustakaan. Pustakawan adalah seorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan / atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan. Sebagai tenaga profesional pustakawan wajib menjaga dan selalu meningkatkan kualitas keprofesionalannya yang tercermin dari prestasi dan prilaku yang etis. ”Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali sebagai Lembaga teknis bertanggung jawab atas kebijakan pembinaan, pengawasan perpustakaan dan pustakawan pada tingkat Provinsi Bali” imbuh Suryaningsih.

Lebih lanjut Suryaningsih menyampaikan bahwa, tinggi rendahnya prestasi pustakawan menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pembinaan pustakawan. Prestasi yang tinggi sudah selayaknya mendapat penghargaan karena pada dasarnya penghargaan ini merupakan salah satu cara pembinaan pustakawan. Oleh karena itu Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali berdasarkan Anggaran APBN Tahun 2010 menyelenggarakan Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Bali. ”Selain sebagai wujud penghargaan, penilaian ini juga bertujuan agar prestasi pustakawan terpilih nantinya dapat dikenal secara regional, sehingga dapat dijadikan teladan dan motivasi kerja sesama rekan pustakawan” pungkas Suryaningsih.

Berdasarkan hasil penilaian atas tes tertulis dan wawancara yang sangat ketat, maka Dewan Juri yang terdiri dari Albiner Silaen SE., Usman Abroni, S.Sos. dan Drs. I Putu Suhartika, M.Si. menetapkan Drs. I Wayan Tunjung sebagai Juara Pertama Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Bali Tahun 2010. Selanjutnya Tunjung akan mewakili Provinsi Bali dalam pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik 2010 Tingkat Nasional di Jakarta pada pertengahan bulan Agustus. Adapun Juara II diraih Ni Nyoman Darmini, A.Ma., dan Juara III diraih Ni Wayan Sukerani, S.Sos. Kepada masing-masing Juara diberikan hadiah uang tunai, Piala dan piagam penghargaan yang direncanakan diserahkan pada Hari Kunjung Perpustakaan, September mendatang.

1 komentar: