Rabu, 18 Agustus 2010

LOMBA KEARSIPAN TINGKAT DESA / KELURAHAN SE BALI


Sebagai tindak lanjut diklat kearsipan masuk desa yang telah dilaksanakan sebelumnya, Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali akan mengadakan Lomba Pengelolaan Kearsipan bagi Sekretaris Desa / Kelurahan se Bali. Dalam lomba ini masing-masing Kabupaten / Kota akan diwakili 2 Desa / Kelurahan. Lomba ini juga dimaksudkan untuk melaksanakan pembinaan secara berkesinambungan sehingga pada akhirnya pengelolaan arsip di tiap Desa / kelurahan sesuai harapan / ketentuan yang berlaku. Penilaian kearsipan dilaksanakan dari tanggal 25 Mei s.d. 1 Juli 2010.

Dra. Ni Wayan Santiani selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya guna menjamin perlindungan hak-hak keperdataan rakyat dibutuhkan penyelenggaraan kearsipan pemerintahan desa / kelurahan yang andal. Untuk itu penyelenggaraan pemerintahan desa / kelurahan yang baik dan bersih perlu terus menerus meningkatkan kualitas pelayanan dan pengelolaan arsipnya.

Santiani menegaskan, tujuan penyelenggaraan kearsipan adalah untuk menjamin terciptanya arsip, ketersediaan arsip yang otentik dan terpercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang andal untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pengelolaan arsip tidaklah semudah mengucapkannya karena memerlukan sarana dan prasarana serta memerlukan sumber daya manusia yang memenuhi beberapa kriteria antara lain : cekatan, teliti, rapi dan cerdas.

Santiani berharap melalui lomba ini para Sekretaris Desa / Kelurahan akan semakin meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam mengelola arsip. Peningkatan kualitas pengelolaan arsip akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas administrasi Pemerintahan Desa / Kelurahan dalam melaksanakan tugas kepada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar