Rabu, 18 Agustus 2010

RAKOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP

Bertempat di Aula Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali, Kamis (25/3) kemarin Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali, Luh Putu Praharsini, SH. memimpin Rapat Koordinasi pelaksanaan kegiatan bidang perpustakaan dan arsip se Bali. Pada rakor yang dihadiri Kepala Perpustakaan dan Arsip di 9 Kabupaten / Kota se Bali tersebut, Praharsini menekankan perlunya koordinasi antar Kabupaten / Kota untuk mewujudkan pembangunan perpustakaan dan arsip yang berkesinambungan.

Praharsini menginformasikan bahwa anggaran pembangunan / kegiatan bidang perpustakaan dan arsip di Provinsi Bali pada tahun 2010 ini bersumber dari dana APBD Provinsi Bali dan APBN. Anggaran APBD Provinsi Bali bidang Perpustakaan dan Arsip Tahun 2010 berjumlah Rp 10.005.697.182,- dengan rincian Belanja Tidak Langsung Rp 8.322.763.000,- dan Belanja Langsung Rp 1.682.943.128,- yang terbagi dalam 7 program / 31 kegiatan. Beberapa program unggulan yang akan dilaksanakan yaitu : program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur, program pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan, program sistem pengelolaan kearsipan, dan program penyelamatan dan pelestarian dokumen / arsip daerah.

Program APBD tersebut diwujudkan menjadi beberapa kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pengguna jasa perpustakaan dan arsip di Bali. Beberapa kegiatan yang langsung bersentuhan dengan Kabupaten / Kota se Bali antara lain : Bintek Perpustakaan Sekolah / SMA Negeri, Pembinaan Perpustakaan Sekolah / SMA, Input Data Nomor Pokok Perpustakaan (NPP), Layanan Perpustakaan Keliling, Lomba Minat Baca dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan, Hunting dan Evaluasi Pelaksanaan UU Nomor 4 Tahun 1990, Pembinaan Kearsipan dan Produk Hukum, Lomba Kearsipan, dan Penelusuran Arsip.

Untuk anggaran APBN Tahun 2010, menurut Praharsini, akan dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain : Peningkatan kualitas dan kompetensi SDM bidang kearsipan, Bantuan untuk Perpustakaan Umum Kabupaten / Kota, Pengadaan Bahan Pustaka Perpustakaan Desa / Kelurahan, Rakor Pengembangan Perpustakaan Daerah, Pemasyarakatan Perpustakaan dan Minat Baca, Bintek Pengelolaan Perpustakaan Desa / Kelurahan, Diklat Penjenjangan, Lomba Pustakawan Berprestasi, Lomba Minat Baca, Lomba Perpustakaan Terbaik, dan Monitoring / Evaluasi Perpustakaan.

Dalam kesempatan tersebut Perpustakaan dan Arsip Kabupaten / Kota juga menyampaikan saran dan usulan mengenai program / kegiatan yang akan dilaksanakan di Kabupaten / Kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar