Selasa, 11 Agustus 2009

BALI RAIH JUARA FAVORIT LOMBA MINAT BACA TINGKAT NASIONAL

Wakil Bali, Agus Made Wirahadi Kusuma raih Juara Favorit Lomba Minat Baca Tingkat Nasional Tahun 2009. Siswa SD Negeri 6 Kapal Badung ini sebelumnya meraih Juara I Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Bali yang dilaksanakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip (Bapusip) Provinsi Bali belum lama ini. Agus Made berhak menerima hadiah uang tunai, tropy dan piagam yang diserahkan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI di Jakarta.

Lomba Minat Baca bagi Siswa SD Tingkat Nasional Tahun 2009 ini diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI dari tanggal 4 s.d 7 Agustus 2009 bertempat The Batavia Hotel Jakarta. Lomba dimaksudkan untuk menumbuhkan minat dan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media. Lomba yang mengambil tema ”Menumbuhkan Minat Baca dan Kecintaan terhadap Budaya Lokal serta Nasionalisme” ini bertujuan untuk menanamkan cinta akan kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan serta nasionalisme.

Kepala Bidang Layanan Perpustakaan dan Pelestarian Bapusip Prov. Bali, Dra. Nyoman Andari, dalam laporannya menyebutkan lomba ini berupaya menarik anak-anak, khususnya siswa SD untuk mulai membaca buku-buku cerita budaya daerah, sejarah dan pahlawan serta menumbuhkan kecintaan akan budaya nasional. Pada usia dini inilah saat yang paling tepat untuk menanamkan budaya baca kepada anak-anak didik.

Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali telah mengupayakan berbagai terobosan terkait dengan upaya peningkatan minat dan budaya baca masyarakat. Beberapa diantaranya berupa kegiatan Layanan Terpadu Perpustakaan Sekolah (LTPS), Perpustakaan Keliling, Lomba Bercerita, Penulisan esei, dll. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mendekatkan perpustakaan / informasi ke masyarakat. Perpustakaan sebagai pusat / sumber informasi bagi kepentingan pendidikan, penerangan, penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi harus mengembangkan kebijakan dalam penyelenggaraan perpustakaan di semua jenis dan tingkat sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan, efektifitas dan efisiensi kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Melalui kegiatan LTPS diharapkan dapat mewujudkan pemerataan pelayanan perpustakaan kepada sekolah-sekolah yang menjadi peserta layanan, terpenuhinya kebutuhan informasi / bahan pustaka bagi siswa dan guru di sekolah serta meningkatkan minat dan kebiasaan membaca para siswa dan guru. Kegiatan LTPS tahun 2009 melayani SD dan SMP yang tersebar di 9 Kabupaten / Kota se Bali.

Sedangkan untuk masyarakat pedesaan, Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali juga mengembangkan program pelayanan perpustakaan keliling. Program ini diselenggarakan guna memberikan pelayanan informasi yang tepat dan merata kepada seluruh golongan dan lapisan masyarakat Indonesia. Pembangunan bangsa merupakan usaha-usaha mencerdaskan rakyat, tidak hanya ditujukan kepada masyarakat yang ada di kota-kota besar saja, tetapi juga masyarakat yang tinggal di desa-desa dan daerah-daerah terpencil.

Perpustakaan keliling bertujuan memeratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai ke daerah terpencil dan yang belum / tidak memungkinkan didirikan perpustakaan menetap. Layanan ini juga bertujuan membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan informal kepada masyarakat, memperkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada masyarakat, memperkenalkan jasa perpustakaan kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya untuk memanfaatkan jasa perpustakaan, meningkatkan minat baca dan mengembangkan cinta buku, dan terjalinnya kerja sama dengan lembaga sosial masyarakat, pendidikan dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kemampuan intelektual dan cultural masyarakat.

Untuk saat ini, jumlah koleksi yang dilayanankan melalui perpustakaan keliling berupa buku-buku Non Fiksi (200 Judul / 700 Eksemplar), Fiksi ( 70 Judul / 235 Eksemplar), dan Referensi (2 Judul / 8 Eksemplar). Sampai saat ini operasional perpustakaan keliling baru dapat melayani 20 desa di kabupaten / Kota se Bali. Sistem layanan yang digunakan adalah sistem layanan terbuka (layanan baca ditempat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar