Senin, 02 Maret 2009

LOMBA MINAT BACA


Minat baca masyarakat Indonesia rendah? Pernyataan ini sudah berulang kali kita dengar dari berbagai sumber. Banyak pakar menyimpulkan akar persoalannya ada pada budaya bangsa kita yang lebih mengedepankan budaya lisan dibandingkan budaya baca. Begitu juga dengan budaya tulis, bisa dibilang lebih payah dibanding negara lain.

Tidak sedikit upaya telah dilaksanakan oleh Pemerintah untuk memecahkan masalah ini. Satu contoh, pada setiap bulan September ditetapkan sebagai Pencanangan Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan. Pencanangan ini diharapkan akan mendukung program wajib belajar dan membangun masyarakat yang gemar membaca. Kesadaran akan pentingnya membentuk kebiasaan membaca dan menciptakan masyarakat gemar membaca pada gilirannya akan berperan dalam menjunjung upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan secara khusus meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Dra. Nyoman Andari, Kepala Bidang Layanan Perpustakaan menyatakan, diperlukan upaya yang terus menerus dan berkesinambungan agar minat baca masyarakat pada umumnya dan anak-anak didik kita pada khususnya dapat ditumbuhkembangkan secara mantap. “Untuk mempercepat peningkatan keterampilan dan kebiasaan membaca, disamping melalui buku-buku bacaan dan referensi yang mempunyai peranan sangat penting, perlu juga upaya-upaya kegiatan lainnya yang sifatnya merangsang dan memotivasi masyarakat untuk membaca”, imbuh Andari disela-sela kesibukannya melaksanakan layanan perpustakaan.

Terkait dengan peningkatan Minat Baca, Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali setiap tahunnya selalu melaksanakan Lomba Minat Baca. Pada tahun 2008 kemarin lomba dilaksanakan dengan mengambil tema ”Membangun Masyarakat Melalui Budaya Baca dan Perpustakaan “. Sasaran kegiatan ini adalah siswa tingkat TK, SD, SMP dan SMA / SMK se-Bali. Andari menyebutkan, tujuan kegiatan ini adalah untuk membangkitkan minat baca tulis masyarakat dalam upaya mewujudkan terciptanya masyarakat gemar membaca, gemar menulis, dan gemar belajar. Disamping itu, lanjut Andari, kegiatan ini berupaya menumbuhkan kebiasaan membaca pada setiap anggota masyarakat sehingga membaca bisa menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam hidupnya.

Bentuk lomba yang dilaksanakan berupa (1) Lomba Mewarnai Tingkat Taman Kanak-Kanak se-Bali , (2) Lomba Membaca Cepat Tingkat SD kelas V dan VI se-Bali, (3) Lomba Bercerita / Masatua Tingkat SMP se-Bali, (4) Lomba Berpidato Tingkat SMA/SMK se-Bali, dan (5) Gerak Jalan Santai. Materi yang dilombakan adalah : Tingkat TK berupa Mewarnai Gambar, Tingkat SD berupa Membaca Cepat, Tingkat SMP berupa Bercerita/masatua Bali, dan Tingkat SMA/SMK berupa Berpidato dalam Bahasa Indonesia.

Kegiatan Lomba Mewarnai Tingkat Tk. se-Bali dilaksanakan hari Selasa, 9 September 2008. Sedangkan Lomba Membaca Cepat Tingkat SD se-Bali dilaksanakan hari Senin, 1 September 2008. Untuk Lomba Bercerita Tingkat SMP se-Bali dilaksanakan hari Selasa dan Rabu, 2 s.d 3 September 2008. Lomba Berpidato Tingkat SMA/SMK se-Bali dilaksanakan hari Kamis s.d Jumat, 2 s.d 3 September 2008. Semua kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 09.00 Wita sampai selesai di Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali.

Pelaksanaan final dari Lomba Membaca Cepat Tingkat SD, Lomba Bercerita Tingkat SMP, Lomba Berpidatao Tingkat SMA/SMK yang masuk nominasi dilaksanakan hari Senin, 8 September 2008 pukul 09.00 Wita sampai selesai di Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali. Sedangkan Gerak Jalan Santai dilaksakan hari Jumat, 12 September 2008 pukul 06.30 Wita yang pelaksanaannya start dan finish di Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali

Sistem penilaian lomba meliputi : (1) untuk Bercerita : Kreativitas anak / cara mewarnai, Kebersihan / keterampilan, Tuntas / semua bidang gambar diberi warna, (2) membaca cepat : Penampilan, Bahasa, Penguasaan materi, Kecepatan dan pemahaman, (3) bercerita / masatua Bali : Penampilan, Cara / teknik bercerita, Penguasaan materi, Kemampuan / skill peserta, (4) berpidato : Penampilan, Penguasaan materi / naskah, Bahasa dan teknik berpidato. Tim juri terdiri dari Drs. Ida Bagus Rai Putra, M.Hum., Ida Bagus Gana Murti, SH. SS, dan I. G.A.A. Mas Triadnyani, M.Hum,

Berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri Lomba Minat Baca Tingkat Provinsi Bali Tahun 2008, dengan ini diumumkan bahwa yang berhak menjadi pemenang dalam Lomba Minat Baca Tingkat Provinsi Bali Tahun 2008 adalah sebagai berikut :

1. Lomba Mewarnai Tingkat TK se-Bali :
Juara I : Putu Tina Febri Artaningsih (TK. Swadarma)
Juara II : Rio Aditya (TK. Aisyiyah 2)
Juara III : Ni Wayan Putri Primayanthi (TK. Swadarma)
Juara Harapan I : Alfina Budi Utami (TK. Aisyiyah 1)
Juara Harapan II : Faysa Lugina Nur Fajriany (TK. Aisyiyah 2)
Juara Harapan III : Renisa Velda Anandita S (TK. Aisyiyah 2)

2. Lomba Membaca Cepat Tingkat SD Negeri/Swasta se Bali :
Juara I : I Gusti Ayu Sri Yuliana Pratiwi (SD. Negeri 1 Karangasem)
Juara II : Apollus Dimas Tori Putra Pangkur (SD. Negeri 6 Panjer)
Juara III : Ni Putu Debby Chintya Kirana (SD. Saraswati 3 Denpasar)
Juara Harapan I : Putra Ramendra Dirgantara (SD. Saraswati 4 Denpasar)
Juara Harapan II : Diva Faradilla (SD. Negeri 8 Sanur)
Juara Harapan III : I Gst. Ngr. Teja Tri Wahyuni (SD. Negeri 2 Sibangkaja)

3. Lomba Masatua Bali Tingkat SMP Negeri/Swasta se Bali :
Juara I : Ni Wayan Cahyani (SMP Madya Widya Darma Bangli)
Juara II : Komang Tri Astuti Rahayu (SMP Negeri 1 Susut)
Juara III : Ida Bagus Putu Tilem Singarsa (SMP Negeri 1 Abiansemal)
Juara Harapan I : Ni Putu Gian Linda Juwita (SMP Negeri 3 Denpasar)
Juara Harapan II : Ni Luh Pt. Wulan Dewi Saraswati (SMP Negeri 1 Denpasar)
Juara Harapan III : Dian Sinthayani (SMP Negeri 1 Singaraja)

3. Lomba Berpidato Tingkat SMA/SMK Negeri/Swasta se-Bali :
Juara I : Sari Dewi Noviyanti (SMA Negeri 1 Singaraja)
Juara II : Gusti Ngurah Arya Purnama Putra (SMA Negeri 1 Melaya)
Juara III : Ni Putu Asteria Yuniarti (SMA Negeri 1 Abiansemal)
Juara Harapan I : Monica (SMA Negeri 4 Denpasar)
Juara Harapan II : Santhi Pradayini Savitri (SMA Negeri 1 Semarapura)
Juara Harapan III : Ni Luh Christina Prapmika Jayanti (SMAN 1 Denpasar)

Kepada para juara lomba bercerita tingkat TK, SD dan SMP masing-masing diberikan hadiah sebagai berikut :
Juara I Uang Tunai senilai Rp. 1.000.000 + Piala dan Piagam
Juara II Uang Tunai senilai Rp. 750.000 + Piala dan Piagam
Juara III Uang Tunai senilai Rp. 500.000 + Piala dan Piagam
Juara Harapan I Uang Tunai senilai Rp. 350.000 + Piala dan Piagam
Juara Harapan II Uang Tunai senilai Rp. 250.000 + Piala dan Piagam
Juara Harapan III Uang Tunai senilai Rp. 150.000 + Piala dan Piagam

Kepada para Juara lomba Berpidato Tingkat SMA/SMK Negeri/Swasta se Bali masing – masing diberikan hadiah sebagai berikut :
Juara I Uang Tunai senilai Rp. 1.250.000 + Piala dan Piagam
Juara II Uang Tunai senilai Rp. 1.000.000 + Piala dan Piagam
Juara III Uang Tunai senilai Rp. 750.000 + Piala dan Piagam
Juara Harapan I Uang Tunai senilai Rp. 500.000 + Piala dan Piagam
Juara Harapan II Uang Tunai senilai Rp. 350.000 + Piala dan Piagam
Juara Harapan III Uang Tunai senilai Rp. 250.000 + Piala dan Piagam

Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Bali bertekad akan terus melaksanakan kegiatan sejenis setiap tahunnya. Untuk tahun 2009 telah pula dipersiapkan pelaksanaannya. Andari berharap kualitas dan kuantitas kegiatan yang berupaya menumbuhkembangkan minat baca masyarakat akan semakin meningkat, sehingga masyarakat Indonesia akan semakin cerdas. "Sekolah-sekolah di seluruh Bali sudah seharusnya menyiapkan jago-jagonya untuk mengikuti lomba minat baca ini" ujarnya.

Menurut Andari, Panitia sudah mulai mempersiapkan pelaksanaan Lomba Minat Baca Tahun 2009. Rencananya lomba tahun ini akan dilaksanakan sekitar bulan Juli - Agustus 2009. Penyerahan hadiah akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan tanggal 14 September 2009. Jenis lomba dan peserta / sasaran tetap melibatkan siswa TK, SD, SMU/SMK, Mahasiswa dan Masyarakat Umum. "Yang agak berbeda mungkin kemasannnya. Kami sedang susun perencanaannya sehingga kegiatan tersebut lebih mengena kepada masyarakat luas", ujar Andari meyakinkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar